Kamis, 05 Februari 2009

Gunung2 dipulau jawa

Gunung Merapi, Mount Merapi dalam bahasa Inggrisnya, adalah sebuah gunung yang masih aktif terletak di antara Jawa Tengah dengan Yogyakarta. Pada saat ini, Gunung Merapi statusnya masih aktif normal. Tau maksudnya???? Maksudnya status Merapi tidak harus terlalu di waspadai seperti jaman Merapi masih mengeluarkan Lava. Sampai sekarang, masih banyak villa yang ada di sekitar Gunung Merapi pada ketinggian 1700 M. Jelas disana sangat dingin. Biasanya orang- orang yang mempunyai villa- villa disana banyak yang beralasan karena terhimpit masalah ekonomi sehingga para pemilik villa- villa beraksi nekad membangun villa- villa mereka. Walaupun status siaga pada Gunung Merapi seperti lava yang keluar, awan panas, dan lain- lain yang menunjukkan status siaga pada gunung ini.
Pada sekitar tahun 1994, ada kira- kira 43 orang meninggal dunia terkena "Wedhus Gembel".
Gunung Merbabu, Mount Merbabu dalam bahasa Inggrisnya, adalah sebuah gunung yang sudah tidak aktif. Gunung ini sudah biasa untuk para penjelajah karena arenanya yang lumayan menantang. Tapi, tidak biasa untuk ini....... Mengapa??? Karena jarang- jarang orang yang melihat pemandangan Gunung Merababu dari Gunung Merapi yang katanya lebih memuaskan dan indah. Apa lagi waktu petang sungguh- sungguh indah melihat matahari terbenam.
Gunung Merbabu (juga di sebut Damalung) adalah gunung berapi yang bejenis Strato, yang terletak secara geografis pada 7,5 derajat LS dan 110,4 derajat BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah timur dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah barat, Propinsi Jawa Tengah.
Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560, 1570, dan 1797. Setelah itu statusnya menjadi tidak aktif.

Gunung Slamet merupakan sebuah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Slamet mempunyai ketinggian setinggi 3,432 meter. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

Di kaki gunung ini terdapat sebuah kawasan wisata bernama Baturraden atau Batur Raden. Kawasan wisata ini biasa dicapai orang dari kota Purwokerto, ibukota Kabupaten Banyumas.

Gunung Slamet merupakan salah satu gunung yang menjadi tujuan ekspedisi para pendaki, baik dari wilayah setempat maupun wilayah lainnya. Gunung ini mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Slamet terletak di perbatasan Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, dan Brebes. Dengan posisi geografis 7°14,30' LS dan 109°12,30' BT serta ketinggian 3432m dpl, membuatnya merupakan gunung berapi yang tertinggi di daerah Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai empat kawah di puncaknya. Gunung yang berada di sebelah utara kota Purwokerto dan di sebelah barat kota Purbalingga ini juga mempunyai beberapa sumber air panas.

Nama Gunung

Dalam buku yang berjudul "Three Old Sundanese Poems", terbitan KITLV Leiden tahun 2006, J. Noorduyn menyebutkan bahwa nama gunung Slamet adalah relatif baru yaitu saat masuknya Islam ke Jawa. Dengan merujuk kepada naskah kuno Sunda Bujangga Manik, J Noorduyn menuliskan bahwa nama lama dari gunung ini adalah Gunung Agung.

Jalur pendakian

Jalur pendakian standar adalah dari Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Jalur populer lain adalah dari Baturraden.

Pendakian Gunung Slamet dikenal cukup sulit karena hampir di sepanjang rute pendakian tidak ditemukan air, walaupun ada itu juga merupakan genangan air. Kepada pendaki sangat disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup dari bawah. Faktor lain adalah kabut. Kabut di Gunung Slamet sangat mudah berubah-ubah dan pekat. Tetapi Jika anda melewati jalur bambangan, mungkin masalah air tidak terlalu sulit. Memang para pendaki harus banyak membawa air dari bawah, tetapi sesampainya di pos V atau tepatnya di pos samhyang rangkah akan terdapat sungai kecil yang letaknya tepat berada di bawah pos V.
Ini adalah foto gunung bromo yang ketinggiannya mencapai 2, 392 meter diatas permukaan laut atau mdpl. Gunung ini memiliki panorama laskap pegunungan yang sangat spektakuler terkenal di seluruh dunia, termasuk dalam katagori pemandangan menarik di Indonesia. Gunung Bromo termasuk dataran tinggi tengger yang berbentuk kubah lava lautan pasir yang di temani tiga gunung yaitu gunung Batok, gunung Kursi, dan gunung Semeru.

copy left : rimbang's blogger

Tidak ada komentar: